Selasa, 15 Mei 2012

TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR & CARA SERVIS SEPEDA MOTOR 4 TAK


TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR &
CARA SERVIS SEPEDA MOTOR 4 TAK

  
     Gan coba banyangkan kalau motor kalau tidak rawat dan di servis, maka apa yang terjadi pada motor tersebut ?? Harga jual kembali murah dan Pastinya motor tersebut kalau di kendarai akan tidak nyaman dong , maka dari itu saya akan mengasih tips-tips merawat motor dan  mencervis Motor.

Tips merawat sepeda motor :
  •   periksa kekencangan rantai,kalau rantai terlalu kendor kencangkan rantai dengan jarak bebas 20-30 mm.
  •   periksa tekanan angin pada ban, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran, masa umur ban dan konsumsi pemakian bahan bakar.
  •   periksa rem, jika minyak rem di bawah batas minimal ( type cakram ) isi dengan minyak rem sesuai standartnya sampai batas maksimal.
  •   periksa ketinggian oli mesin, oli mesin jangan sampai kehabisan, kalau sampai kahabisan bisa merusak mesin, periksa ketinggian oli mesin , kalu di batas minimal segera di isi oli sesama jenis dan isilah sampai batas maksimal jangan kelebihan, kalau melebihi batas maksimal karena akan berpengaruh pada responsibilitas mesin.
  •   periksa ketinggian air radiator ( type motor yg menggunakan pendingin      radiator ) jika air radiator di bawah batas minimal segera isi sampai batas maksimal, jangan sampai kahabisan air radiator, kalau kehabisan air radiator mesin bisa rusak.
  •   pemeriksaan air accu apabila dibawah batas tambahkan dengan air accu tambah (air accu tambah umumnya tutup kemasan berwarna biru).

Cara servis sepeda motor 4 tak :
  •  pembersihan filter udara                                                                                 Langkah kerja: lepas saringan dan bersihkan saringan dengan tiupkan udara kompresor (filter type busa)
  •  pembersihan karburator                                                                                      Langkah kerja: lepas karburator dari tempatnya dan bongkar karburator dan lepas satu-persatu komponen2 yang di dalam karburator dan bersihkan  satu persatu dengan bensin dan tiup dengan udara kompresor, kalau sudah pasang kembali karbulator dengan benar dan pasang kembali pada tempatnya.
  •  Penyetelan celah katup                                                                                 Langkah kerja: Buka penutup katup in & ex kemudian Top kan lalu lepaskan baut pengunci katup di kendorkan lalu filler di masukan di celah katup lalu seteli katup dengan standartnya dengan cara memutar baut penyetel kalau sudah kencangkan baut pengunci dengan menahan baut pengunci dan pasang kembali semuanya dengan benar
  •  Penyetelan rantai                                                                                               Langkah kerja: kendorkan baut pada as roda kemudian seteli rantai dengan standartnya,kalau sudah kencangkan kembali baut pada as roda.
  •  Pembersihan busi                                                                                          Langkah kerja: lepaska busi dari tempatnya, kemudian busi di bersihkan dengan sikat kawat, kalau sudah pasang kembali
  •  Kalau sudah cek dahulu sebelum di hidupkan, kalau sudah hidupka motornya lalu kemudian seteli karburatornya.

Dach segitu aja, Dan selamat mencoba . .semoga bermanfaatya ya . . .

Reaksi: